Jumat, 04 Desember 2009

TUHAN SELALU PUNYA RENCANA YANG MENGAGUMKAN BUAT HAMBA-NYA

Percayakah anda dengan keajaiban? Apapun jawabannya, ada baiknya kita sejenak berfikir dan merenung kembali bahwa Allah SWT sangatlah menyayangi hamba-hamba-Nya. Terlalu banyak karunia dan nikmat yang telah diberikan-Nya baik yang kita sadari maupun yang tidak, yan...g datangnya cepat maupun yang lambat, dan sebenarnya semua itu agar kita banyak belajar dan selalu bersyukur.

Pernahkan anda punya keinginan dalam hidup, yang seiring berjalannya waktu dan dengan tidak anda sadari, dan bahkan telah hampir anda lupakan, tiba-tiba mimpi itu muncul di hadapan anda dan anda pun meraihnya?. Kejutan-kejutan inilah yang mengagumkan. Seakan-akan semua kejadian dalam hidup kita saling berhubungan satu dengan yang lain. Oleh karena itu saya percaya bahwa setiap detik dalam hidup kita berpengaruh ke detik berikutnya, ke kejadian berikutnya. Menurut saya, inilah salah satu keajaiban hidup.

Saya semakin yakin akan hal ini setelah berdiskusi ringan dengan seorang sahabat yang punya pengalaman yang sama. Beliau adalah WNN, seorang mahasiswa FKIP Universitas Negri Padang. Sejak kecil, ingin sekali merasakan menjadi seorang peneliti kehidupan purbakala karena memang sangat menyenangi hal-hal demikian. Sayangnya WNN lulus di pilihan lain tes masuk PTN yang secara tidak langsung mengubah rencana masa depannya. Alhasil, tahun 2006, WNN terpilih mewakili Sumbar (Indonesia) dalam Program Pertukaran Pemuda ke Kanada oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga, dan tahukah anda? ternyata salah satu kegiatan WNN disana adalah diikutkan dalam program yang menjadi impiannya tetapi telah hampir dilupakannya. Ya, mencari dan mengamati benda-benda purbakala seperti fosil, batu-batu tua, dll, dan bahkan WNN mendapatkan fosil yang menurut ahli purbakala Kanada telah berumur jutaan tahun dan sangat bernilai. Tentunya ada cerita lain, dalam perjalanannya ke Kanada, WNN sempat singgah di London, Inggris. Ya Negara yang sangat ingin dikunjunginya sejak lama, bahkan Negara yang menjadi tujuan utamanya untuk melanjutkan pendidikan (Master, Doktor).
Mengagumkan..!!. (Note. WNN memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat memukau, dengan dialeg British (aksen berbicara English ‘asli Inggris’ yang fasih)). Apakah ini Cuma kebetulan?

Cerita yang sama, tahun 2003, saat duduk di kelas 3 SMP (SMP N 1 Kota Kuala Simpang), saat itu sedang heboh-hebohnya film india, Ketika melihat film dan melihat setting dalam film tersebut, entah kenapa hati kecil saya tiba-tiba menyeletuk,”Insya Allah, saya bisa ke tempat itu suatu saat nanti. Saya juga mau ke sana dan merasakan hal yang sama”. Ha..ha..ha.., sebuah pemikiran naïf, bodoh, tidak realisitis dan ‘mana mungkin?’..he..he..he. Waktupun berjalan dan mimpi itupun perlahan sirna….Wushhhh….

Memasuki dunia kampus sebenarnya kembali mengingatkan mimpi itu karena kita bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa lain yang sangat hebat dan banyak diantaranya yang memiliki obsesi ke luar negeri, istilah bataknya,’Go International’..(hehe). Tapi toh saya tidak mau muluk-muluk, jalani saja dunia perkuliahan dengan santai, wajar dan sesuai target. Lupa darimana datangnya, saya membaca sebuah buku sederhana, tapi sarat akan makna. Ada kutipan yang mengesankan dari buku itu,”jika anda punya mimpi dan keinginan, yakinlah terlebih dahulu bahwa anda mau dan sangat ingin meraihnya, lalu segenap alam akan bersatu padu membantu anda mewujudkannya dan bantuan itu akan datang dari berbagai penjuru mata angin. Ya, asalkan anda mau.”. Sangat sederhana tetapi memotivasi..!!. (saya merekomendasikan untuk membaca buku ini, Sang Alkemis).

Kesempatan itu datang, dan saya dinyatakan lulus sebuah program. Ketika membuka email pemberitahuan kelulusan, dari tiga program yang ditawarkan (Asean Student India Tour, youth leadership program, dan Engineering student advance research for youth learners), alhamdulillah saya terpilih dalam program Asean Student India Tour. Tahukah teman-teman inti dari kisah ini? Tanpa sengaja, saya bisa menginjakkan kaki di tempat yang sama dengan yang ada pada film india yang saya tonton waktu saya masih SMP dulu, ya....Taj Mahal, dan itupun cuma berawal dari niat sederhana dari hati kecil saya waktu itu. Sampai sekarang saya pun masih bertanya, kenapa bisa berkaitan seperti itu.

Apakah cerita WNN dan MNS ini Cuma kebetulan, atau hanya imajinasi pengarang dengan menghubungkan beberapa kejadian yang ada, ataupun sekedar coretan-coretan tak berarti yang tak layak untuk dibaca?. Apapun jawabannya, saya percaya, Tuhan selalu punya kejutan kecil dan rencana mengagumkan buat hamba-hamba-Nya. Lagipula, saya selalu memegang prinsip
berdasarkan keyakinan agama saya,”selalulah bersyukur, karena Allah SWT akan mendatangkan nikmat dan reseki darimanapun datangnya, dari arah yang tak disangka-sangka”.

Banda Aceh, 5 Desember 2009
M. Nurdillah Simatupang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar